Toturial ArcView

Tugas 2 Arcview
1. Buat Nama Sungai sebanyak 5
2. buatkan tablenya (Nama sungai, lebar, panjang, dalam, keterangan air)
3. buat autolablenya
4. buat chartnya berdasarkan dalam sungai
5. buat layoutnya
___________________________________________________________________________________

Langkah awal buka arcview untuk buat projek baru.

lalu akan muncul pilihan ini, pilih no jika belum memiliki data yang ingin dimasukan.

langkah selanjutnya memilih tema yang ingin dibuat, sebagai contoh disini saya ingin membuat maps sungai maka nanti saya akan menggunakan tema line.
 thema di arcview itu sendiri memili tiga point, line, dan polygon, karena kita ingin membuat sungai menggunakan line akan lebih mudah, lalu pilih line dan klik ok

 untuk mengambar sungai disini saya menggunakan draw line yang ada di bar atas

 setelah itu gambar sungai sesuai dengan maps sungai yang ingin dibuat, karena soal latihannya buat 5 sungai maka saya mengambar 5 sungai seperti pada gambar diatas.

 setelah mengambar sungai menggunakan draw line maka selanjutnya saya membuat table, tinggal klik saja ikon di bar sesuai pada gambar diatas.
 selanjutnya buat field baru.

 setelah itu akan muncul windows baru untuk membuat nama tablenya serta type dan jarak table, ulangin terus sampai jumlah kolom yang dibutuhkan.

 lalu isikan data-data yang dibutuhkan, karena ini sifatnya latihan maka saya menggunakan data asal. tidak disurvei terlebih dahulu.

Buat Autolable

 setelah data tablenya terisi maka saya akan membuat autolable, caranya adalah hentikan dulu editing agar autotablenya dapat kita fungsikan, klik Thema -> Stop Editing.

 ada pemberitahuan untuk menyimpan hasil yang saya buat tadi, tekan saja yes.

 langkah selanjutnya di navigator Thema ada auto-label maka klik ok.

 pada label field dibebaskan untuk memilih label apa yang ingin ditampilkan pada maps nantinya, disini saya ingin menampilkan nama sungai maka klik sungai lalu ok.

 dan sungai yang sudah dibuat tadi memiliki nama-nama berdasarkan table yang sudah dibuat sebelumnya.

Chart


 setelah itu kita buatkan chartnya, karena soalnya berdasarkan dalam sungai maka labels series using pilih dalam, lalu add semua field dan tekan ok, seharusnya field dalam tidak usah dimasukan.

 maka akan ditampilkan chart berdasarkan perbandingan dalam sungai.

Buat Layout
 untuk buat layout klik view->Layout.

 pilih tampilan layout bisa landscape maupun potrait sesuai yang diinginkan.

maka inilah tampilan layoutnya design sesuai kebutuhan disini saya menambahkan chart dan table,

Sekian Dan Terimakasih Semoga Bermanfaat


Komentar

Postingan Populer